6 Bahaya Yang Akan Terjadi Jika Kurang Tidur



6 Bahaya Yang Akan Terjadi Jika Kurang Tidur [ www.BlogApaAja.com ]

Kurang tidur atau tidur pendek dalam kondisiyang sering bisa mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan. Tidak hanyaberkaitan dengan obesitas, kurang tidur juga efeknya kena bahaya ini.

Beberapa bahaya penyakit yang disebabkan olehseringnya kurang tidur seperti dilansir MSNHealth :

1. Penyakit Kardiovaskular



Dalam sebuah studi pada 2010 yangdipublikasikan di jurnal Sleep, peneliti di Sekolah Kedokteran Universitas WestVirginia me-review data dari 30.397 orang yang berpartisipasi dalam NationalHealth Interview Study pada tahun 2005.

Peneliti menemukan partisipan yang tidurkurang dari 7 jam semalam memiliki peningkatan risiko pada penyakit jantung.Bahkan bagi wanita yang berusia di bawah 60 tahun dan tidur 5 jam atau kurangdalam semalam memiliki risiko dua kali lipat mengalami penyakit jantung.

2. Diabetes



Berdasarkan sebuah studi dalam jurnal Diabatespada 2011, peneliti dari Universitas Chicago dan Universitas Northwesternmenemukan penderita diabetes tipe 2 yang kurang tidur di malam hari memilikitingkat glukosa 9 persen lebih tinggi, tingkat insulin 30 persen lebih tinggidan tingkat resistensi insulin 43 persen lebih tinggi.

Penderita diabetes dengan insomnia bahkankondisinya lebih buruk, tingkat glukosanya bisa 23 persen lebih tinggi, tingkatinsulinnya 48 persen lebih tinggi dan tingkat resistensi insulinnya 82 persenlebih tinggi daripada penderita diabetes yang tidak memiliki insomnia.

3. Kanker Payudara



Peneliti di Pascasarjana Sekolah KedokteranUniversitas Tohoku di Sendai, Jepang telah mempelajari hampir 24.000 wanitaberusia 40-79 tahun.

Peneliti menemukan bahwa wanita yang tidurkurang dari 6 jam semalam memiliki risiko terserang kanker payudara 62 persenlebih tinggi, sementara yang tidur kurang dari 9 jam semalam memiliki risiko 28persen lebih rendah.

4. Masalah Uriner/Buang Air Kecil



Dalam sebuah temuan yang dipresentasikan dipertemuan Asosiasi Urologi Amerika pada Mei 2011, peneliti di InstitutPenelitian New England di Watertown, Massachusetts me-review data dari 4.145pria dan wanita paruh baya.

Peneliti menemukan waktu tidur yang terlalusedikit dalam lima tahun (kurang dari 5 jam semalam) dapat meningkatkan risikokebutuhan wanita untuk bangun di malam hari dan buang air kecil (nokturia)hingga 80-90 persen.

Sebanyak 42 persen dari wanitamengklasifikasikan tidurnya lebih gelisah bila dibandingkan dengan 34 persenpria. Peneliti pun berteori bahwa kurangnya tidur mengakibatkan peradangan yangdapat mengakibatkan pada masalah uriner.

5. Kanker Usus Besar



Dalam sebuah studi pada 1.240 orang yangdipublikasikan pada 2011, peneliti dari Universitas Case Western menemukanorang yang tidur kurang dari 6 jam semalam 47 persen lebih berisiko memilikipolip kolorektal, yang bisa menjadi kanker, daripada orang-orang yang memilikijam tidur setidaknya 7 jam.

6. Kematian



Sebuah studi yang dilakukan selama 10 tahunpada sekitar 16.000 orang oleh peneliti di Universitas Kopenhagen menghubungkanantara kurang tidur dan resiko kematian. Ternyata para pria yang dilaporkanmemiliki kebiasaan tidur yang buruk, terutama yang berusia di bawah 45 tahun,memiliki risiko kematian dua kali lipat daripada pria yang tidurnya baik.

Sementara pria yang memiliki gangguan tidurlebih dari 3 kali dalam semalam memiliki risiko bunuh diri lima kali lipatdaripada pria yang tidurnya tidak terganggu.

Meskipun sebenarnya gangguan tidur tidakmempengaruhi kematian pada wanita, namun pria dan wanita yang memiliki gangguantidur cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan diabetes.


Follow On Twitter